Jerawat di Telinga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jerawat di telinga merupakan lokasi yang kurang menyenangkan untuk timbulnya jerawat.

Jerawat umumnya muncul di wajah, tetapi pada beberapa orang jerawat kadang muncul di telinga.

Jika Anda juga memiliki jerawat di telinga dan penasaran mengapa bisa tumbuh jerawat di telinga Anda, simak pembahasan seputar penyebab dan cara mengatasi munculnya jerawat di telinga.


Lokasi Jerawat Lainnya

  1. Jerawat di pipi.
  2. Jerawat di dagu.
  3. Jerawat di hidung.
  4. Jerawat di dahi/jidat/kening.
  5. Jerawat di dada.
  6. Jerawat di punggung.
  7. Jerawat di kemaluan.
  8. Jerawat di kepala.
  9. Jerawat di bibir.
  10. Jerawat di leher.
  11. Jerawat di telinga.
  12. Jerawat di ketiak.

Telinga yang Jarang Dibersihkan Secara Menyeluruh

Jika selama ini Anda hanya membersihkan bagian dalam lubang telinga, coba mulai sekarang bersihkan juga bagian luar lubang telinga Anda.

Terutama bila Anda sering melakukan kegiatan yang menyebabkan banyak keringat, maka Anda harus sering membersihkan bagian telinga di sekitar lubang telinga. Karena keringat dari kepala Anda tanpa Anda sadari akan menetes dan mengena telinga Anda.

Terdapat Luka di Telinga

Penyebab kedua munculnya jerawat di telinga adalah terdapat luka di telinga Anda. Luka tersebut bisa jadi muncul karena Anda terlalu keras saat membersihkan telinga Anda, menggunakan cutton bud yang kualitasnya jelek atau tidak sadar menggaruk telinga Anda terlalu keras.

Luka yang disertai dengan nanah dapat menyebabkan bagian telinga menggelembung seperti jerawat.

Earphone yang Kotor

Jika Anda sering mendengarkan lagu menggunakan earphone, cobalah sesekali untuk mengecek earphone Anda apakah terdapat kotoran di sana.Jika Ada segera bersihkan sebelum menggunakannya kembali.

Earphone yang tidak bersih tentu saja terdapat banyak kuman di permukaannya. Jika Anda menggunakan earphone yang tidak bersih tersebut untuk mendengarkan musik, maka bisa menyebabkan jerawat muncul di telinga Anda.

Hijab dan Helm yang Lembab

Jika Anda bepergian menggunakan sepeda motor lalu sering kehujanan dan menyebabkan helm Anda basah, pastikan untuk menggunakan kembali helm tersebut jika sudah benar-benar kering. Jangan gunakan helm yang lembab.

Hal tersebut juga berlaku jika Anda berhijab. Jika hijab Anda basah segeralah ganti hijab tersebut, jangan gunakan hijab yang basah atau lembab.

Memiliki Gangguan Ginjal

Barangkali Anda bertanya-tanya apa hubungan antara jerawat dengan gangguan ginjal? Sebenarnya bagian tubuh manusia saling berkaitan, salah satunya telinga dengan ginjal.

Pada beberapa kasus yang biasanya dialami oleh orang dewasa di atas 50 tahun yang mengalami sakit ginjal juga akan mengalami gangguan pendengaran sedang. Kasus tersebut terjadi pada 50 persen orang-orang yang mengalami sakit ginjal. Bahkan pada 30 persen penderita sakit ginjal mereka tidak hanya mengalami masalah pendengaran yang sangat parah.

Melihat keterkaitan tersebut, munculnya jerawat di telinga bisa jadi karena ginjal Anda bermasalah.

Jika selama ini Anda sering mengalami sakit pinggang, sering merasa lelah, mengalami perubahan pada warna urin Anda lalu beberapa kali mendapati jerawat di telinga Anda, maka bisa jadi ada yang salah dengan ginjal Anda.

Racun Berlebih di Dalam Tubuh

Telinga manusia merupakan salah satu bagian dari kelenjar getah bening. Sedangkan kelenjar getah bening memiliki salah satu fungsi yaitu untuk membersihkan racun di dalam tubuh.

Jika racun di dalam tubuh Anda terlalu banyak dan menyebabkan kelenjar getah bening tidak dapat berfungsi maksimal maka akan muncul benjolan di bagian tertentu dari tubuh Anda salah satunya berupa jerawat di telinga.

Kista

Jika jerawat di telinga Anda menyebabkan rasa nyeri tidak hanya pada jerawat tersebut tetapi juga pada bagian kulit di sekitar jerawat, kulit di sekitar jerawat berwarna merah dan terasa hangat, jerawat mengeluarkan cairan seperti nanah tetapi warnanya keabu-abuan dan berbau busuk bahkan jika jerawat tersebut tidak dipencet, maka kemungkinan besar jerawat tersebut adalah kista.

Sekilas kista tampak seperti jerawat, tetapi kista berada lebih dalam dibandingkan jerawat. Kista merupakan tumor jinak. Meski begitu jika sudah parah maka kista berpotensi untuk menjadi kanker.

Perubahan Hormon

Ibu hamil, wanita yang akan atau sedang datang bulan serta seseorang yang terlalu stres biasanya mengalami perubahan hormon.

Perubahan hormon tersebut menyebabkan muncul jerawat di beberapa bagian tubuh termasuk di bagian telinga.

Cara Menghilangkan Jerawat di Telinga

Jerawat di telinga

Pastikan apakah jerawat bernanah atau tidak.

Jika jerawat Anda tidak disebabkan karena luka dan tidak bernanah maka Anda bisa mengoleskan obat atau pelembab anti jerawat yang beredar di pasaran.

Namun jika jerawat di telinga Anda muncul karena luka dan bernanah, maka bersihkanlah jerawat tersebut secara perlahan menggunakan alkohol dan beri obat merah.Biarkan hingga lukanya kering.

Jika setelah luka kering jerawat tersebut masih ada maka Anda bisa mengoleskan obat jerawat.

Jika jerawat Anda ternyata adalah kista maka jangan sesekali untuk memencetnya.

Jangan juga memberikan obat jerawat atau perasan air jeruk nipis/lemon pada kista karena kista dan jerawat dua hal yang berbeda.

Karena kista merupakan tumor jinak maka sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.

Namun Anda bisa berusaha mengempiskan kista tersebut dengan cara mengkompresnya dengan air hangat.

Oles dengan air perasan jeruk nipis.

Jika menggunakan obat jerawat tidak cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat di telinga Anda, maka Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkannya yaitu dengan menggunakan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon.

Pastikan tidak ada luka di telinga Anda jika ingin menggunakan air jeruk untuk menghilangkan jerawat.

Karena biasanya air jeruk akan menyebabkan rasa perih meskipun tidak ada luka di bagian kulit Anda.

Oles dengan lidah buaya.

Jika Anda tidak sanggup menahan rasa perih yang disebabkan oleh air perasan jeruk, maka Anda bisa menggunakan lendir lidah buaya.

Jika Anda malas menghaluskan lidah buaya alami, maka Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang banyak beredar di toko kosmetik.

Mandi/Berenang di Laut.

Apabila Anda memiliki cukup waktu, coba pergi ke pantai lalu berenang di laut untuk menghilangkan jerawat di telinga Anda. Garam laut alami yang terdapat di air laut terbukti manjur untuk menghilangkan jerawat dan penyakit kulit lainnya.

Pastikan air laut tersebut tidak masuk ke lubang telinga karena akan terasa perih jika sampai masuk ke lubang telinga.

Jangan berpikir untuk menghilangkan jerawat di telinga Anda menggunakan garam dapur yang dicampur dengan air, karena kandungan garam dapur dengan garam laut alami sangat berbeda.

Perbanyak makan buah dan sayur.

Untuk menghilangkan jerawat di telinga tidak cukup hanya mengobatinya dari luar, Anda juga harus mengobatinya dari dalam yaitu dengan cara banyak makan buah dan sayur.

Kurangi makanan berminyak untuk sementara waktu.

Selain memperbanyak konsumsi buah dan sayur, Anda juga harus mengurangi makanan berminyak dan berlemak untuk sementara waktu hingga jerawat tersebut hilang.

Namun akan lebih baik lagi jika tetap mengurangi konsumsi makanan berminyak dan berlemak setelah jerawat tersebut hilang untuk mengantisipasi munculnya kembali jerawat di telinga Anda.

Jika Anda merasa sulit untuk menghindari makanan berminyak dan berlemak, maka Anda bisa mengimbanginya dengan memperbanyak minum air putih dan mengkonsumsi buah dan sayur.

Periksakan diri ke dokter.

Jika kemunculan jerawat di telinga Anda disertai dengan rasa pegal di pinggang bahkan hingga seluruh punggung, rasa lelah yang berkelanjutan, warna urin yang berubah serta sering merasa haus, bisa jadi Anda mengalami sakit ginjal.

Oleh karena itu segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah ginjal Anda baik-baik saja atau memang bermasalah.

Bersihkan telinga.

Jika Anda merupakan ibu hamil atau sedang dalam masa menstruasi, maka jangan terlalu memikirkan jerawat di telinga Anda.

Biasanya jerawat yang muncul akibat perubahan hormon akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu.

Satu-satunya cara yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan telinga Anda, pastikan telinga Anda tidak lembab.

Jangan terlalu stres.

Jika Anda bukan ibu hamil dan tidak akan atau sedang dalam masa datang bulan dan memiliki banyak masalah lalu muncul jerawat di telinga Anda, cobalah untuk meluangkan waktu untuk menenangkan pikiran Anda.

Anda bisa pergi berlibur, membagikan beban pikiran Anda kepada orang-orang yang Anda percaya, berjalan-jalan di taman saat pagi hari, atau meluangkan waktu seorang diri di halaman rumah Anda saat malama atau pagi hari agar pikiran Anda lebih tenang.

Cara Mencegah Jerawat Muncul di Telinga

Bersihkan telinga secara keseluruhan.

Untuk menghindari munculnya jerawat di telinga Anda, maka Anda perlu untuk membersihkan telinga Anda secara keseluruhan bukan hanya bagian dalam lubang saja.

Namun pada luar sekitar lubang telinga juga perlu Anda bersihkan.

Bersihkan earphone.

Bersihkanlah earphone setiap habis menggunakannya. Bersihkan dengan tisu atau kapas kering.

Jika Anda jarang membersihkan earphone maka akan terjadi penumpukan kotoran yang nantinya akan sulit untuk dibersihkan.

Oleh karena itu bersihkanlah earphone yang Anda miliki tiap kali habis menggunakannya meskipun earphone tersebut sekilas tampak bersih.

Gunakan cutton bud yang lembut.

Tiap kali membersihkan telinga, gunakanlah cutton bud yang lembut dan yang berkualitas (yang kapasnya tidak mudah lepas dari tangkainya).

Karena jika Anda menggunakan cutton bud dengan kualitas jelek yaitu yang kapasnya mudah lepas dari tangkainya, bisa jadi saat Anda membersihkan telinga maka kapas tersebut akan tertinggal di dalam lubang telinga dan Anda tidak sengaja menggores kulit telinga Anda dengan tangkai cutton bud yang sudah tidak memiliki kapas dan menyebabkan telinga Anda terluka.

Jangan menggaruk telinga terlalu keras.

Kulit telinga bagian dalam sangatlah tipis.

Sehingga apabila Anda merasakan telinga Anda sangat gatal, jangan menggarukanya terlalu keras karena jika terlalu keras sedikit saja kulit telinga akan terluka.

Pada awalnya mungkin Anda tidak akan mendapati telinga Anda berdarah, tetapi beberapa saat setelahnya Anda akan merasakan telinga Anda perih.

Keringkan telinga tiap kali basah.

Setiap kali habis mandi, keramas atau wudhu jangan lupa untuk segera membersihkan telinga Anda.

Telinga yang tidak segera dikeringkan akan menyebabkan telinga tersebut menjadi lembab dan kotor.

Hal tersebut juga berlaku jika Anda berkeringat.

Segera keringkan keringat yang terdapat di bagian dalam telinga agar telinga Anda tetap bersih dan tidak muncul jerawat di telinga Anda.

Pastikan helm yang Anda gunakan bersih.

Jika Anda sehari-hari bepergian dengan sepeda motor maka pastikan helm yang Anda gunakan bersih dari debu dan kotoran lainnya.

Pastikan juga helm Anda untuk selalu dalam keadaan kering.

Itulah ulasan mengenai penyebab, cara menghilangkan dan cara mencegah munculnya kembali jerawat di telinga.

Tinggalkan komentar