Jerawat Di Kemaluan : Penyebab Munculnya Dan Cara Mencegahnya

Jerawat di kemaluan – Pada dasarnya munculnya jerawat di area kemaluan merupakan salah satu kondisi yang wajar atau umum terjadi karena disebabkan oleh berbagai faktor.


Lokasi Jerawat Lainnya

  1. Jerawat di pipi.
  2. Jerawat di dagu.
  3. Jerawat di hidung.
  4. Jerawat di dahi/jidat/kening.
  5. Jerawat di dada.
  6. Jerawat di punggung.
  7. Jerawat di kemaluan.
  8. Jerawat di kepala.
  9. Jerawat di bibir.
  10. Jerawat di leher.
  11. Jerawat di telinga.
  12. Jerawat di ketiak.

Bahkan ketika mencukur bulu kemaluan pun juga bisa menjadi penyebab jerawat timbul karena adanya infeksi yang terjadi di folikel rambut.

Jerawat ini bisa saja membesar dan di dalamnya terdapat nanah.

Meskipun begitu Anda tidak disarankan untuk memencetnya karena dapat mengakibatkan infeksi.

Umumnya jerawat yang muncul di sekitar kemaluan memang bukan masalah yang serius, akan tetapi munculnya jerawat di area kemaluan tersebut dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan akan sangat menjengkelkan.

Perlu Anda ketahui, jerawat yang muncul di kemaluan ini hampir sama dengan jerawat yang biasanya timbul di area tubuh lain, hanya saja karakteristiknya yang berbeda.

Jerawat yang timbul di area kemaluan berbentuk sebuah benjolan yang terkadang menimbulkan rasa sakit.

Terdapat sensasi seperti terbakar di area benjolan jerawat, terkadang gatal, jerawat tersebut berwarna merah dan berisi nanah.

Jerawat di kemaluan dapat muncul dengan berbagai ukuran, namun Anda tidak perlu khawatir karena kebanyakan kasus jerawat yang muncul di area kemaluan ini dapat sembuh dengan sendirinya ataupun dengan melakukan pengobatan hanya dalam beberapa minggu.

Faktor Penyebab Munculnya Jerawat Di Kemaluan

jerawat di kemaluan

Munculnya jerawat di area kemaluan memang bukan masalah yang serius, hanya saja jerawat yang ada di kemaluan ini dapat membuat penderitanya menjadi tidak nyaman.

Nah, jika Anda hendak menghindari jerawat yang tumbuh di kemaluan maka sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu faktor yang menjadi penyebab jerawat muncul di area kemaluan.

Dengan mencari tahu penyebabnya maka Anda bisa lebih mudah untuk menghindari dan mencegah jerawat timbul di area kemaluan.

Salah satu penyebab jerawat muncul di kemaluan adalah karena iritasi pada kuli yang disebabkan oleh berbagai hal seperti sering menggunakan celana ketat, keputihan, keringan berlebihan, air seni serta air mani.

Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini terkait faktor penyebab munculnya jerawat di kemaluan, yaitu :

Folikulitis

Faktor utama yang menyebabkan jerawat muncul di area kemaluan adalah karena folikel rambut mengalami infeksi bakteri.

Biasanya penyebab utama dari folikulitis karena mencukur rambut kemaluan.

Nah, jika Anda menggunakan pisau cukur yang kasar pada area kulit yang sensitif maka dapat membuat kulit menjadi iritasi, lecet serta berjerawat.

Selain itu, rambut yang tumbuh keluar dari folikel ini juga bisa masuk serta berbalik kembali ke dalam area kulit dan mengakibatkan kulit menjadi iritasi dan folikulitis.

Hidradenitis suppurativa (HS)

HS merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang terjadi pada kelenjar keringat yang menyebabkan lesi seperti jerawat timbul di seluruh tubuh, termasuk area kemaluan.

Pada dasarnya penyebab utama penyakit peradangan ini belum diketahui dengan jelas.

Penyakit peradangan ini bisa diatasi dengan operasi ataupun menggunakan obat-obatan.

Meskipun begitu dua cara pengobatan ini masih tidak dapat menyembuhkan penyakit peradangan secara tuntas.

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah sebuah reaksi yang timbul atau terjadi pada saat sebuah benda bersentuhan secara langsung dengan area kulit.

Keadaan yang seperti ini biasanya sering disebabkan oleh sabun yang mengandung wewangian, pembalut, bedak, losion, pelumas seksual, kondom,  detergen cucian serta terlalu sering menggunakan obat-obatan oles yang dijual secara bebas.

Molluscum contagiosum

Molluscum contagiosum merupakan sebuah infeksi virus yang bisa mengakibatkan jerawat muncul di seluruh area tubuh, termasuk di kemaluan.

Meskipun begitu, keadaan ini tidak membutuhkan pengobatan yang khusus, karena bisa diobati dengan hanya menggunakan obat minum ataupun obat oles.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan pengangkatan jerawat dengan cara melakukan operasi.

Herpes Genital

Pada dasarnya herpes genital ini disebabkan oleh sebuah virus herpes simpleks yang sering disebut dengan HSV.

Perlu Anda ketahui, jika penyakit ini termasuk salah satu jenis infeksi menular seksual atau IMS yang biasanya ditularkan dari aktivitas hubungan seksual.

Infeksi pada kasus ini dikenal dengan munculnya lepuh atau vesikel seperti jerawat di area kemaluan yang berwarna kemerahan serta terasa sakit.

Cara Mengobati Jerawat Di Kemaluan

Jerawat di kemaluan ini mempunyai ciri-ciri warna yang kemerahan ketika meradang, biasanya memiliki ukuran yang kecil.

Jumlah jerawat yang tumbuh layaknya jerawat pasir dan pada saat jerawat ini tumbuh dapat membuat area di sekitar kemaluan menjadi perih.

Umumnya jerawat yang tumbuh di area kemaluan juga bisa menjadi petanda adanya penyakit kelamin.

Pada dasarnya jerawat yang muncul di area kemaluan memang bukan hal yang serius.

Akan tetapi jika jerawat di area kemaluan sudah semakin parah maka harus segera diatasi agar tidak membahayakan penderitanya.

Perlu Anda ketahui, jika Anda hendak mengatasi jerawat di area kemaluan maka jangan sembarangan memilih obat.

Karena jika Anda salah memilih obat dapat memicu infeksi pada area kelamin atau kemaluan menjadi semakin serius.

Untuk lebih jelas beriku ada beberapa cara mengobati jerawat di kemaluan, yaitu :

Menggunakan Antiseptik

Antiseptik memang sangatlah berguna karena dapat membunuh berbagai jenis bakteri yang bersarang di jerawat.

Pada dasarnya yang menyebabkan jerawat timbul di area kemaluan memang dikarenakan adanya berbagai jenis bakteri yang tumbuh dan berkembang di sekitar kemaluan.

Sehingga menyebabkan jerawat muncul di sekitar kemaluan.

Nah, dengan menggunakan antiseptik Anda bisa dengan mudah membunuh segala jenis bakteri tersebut dan membuat proses penyembuhan jerawat menjadi semakin mudah.

Cara menggunakan antiseptik untuk mengatasi jerawat di area kemaluan sangatlah mudah, yakni Anda hanya perlu mengoleskan antiseptik di area kemaluan yang terasa ada benjolan jerawat.

Meskipun begitu, tidak disarankan bagi Anda untuk menggunakan antiseptik ini setiap harinya karena bisa membunuh bakteri yang baik.

Menggunakan getah daun betadin

Pada dasarnya getah dari daun betadin memang bisa digunakan untuk berbagai hal, baik iu untuk luka bakar, luka benda tajam ataupun lainnya.

Nah, tahukan Anda getah dari daun betadin ini juga sangat aman digunakan untuk mengatasi jerawat dalam kondisi yang bernanah dan mengeluarkan darah.

Dengan menggunakan getah dari daun betadin maka luka akibat jerawat bisa dikeringkan dengan cepat sehingga tidak akan mengganggu aktivitas keseharian Anda.

Namun, perlu diingat saat jerawat sedang meradang dan Anda menggunakan getah daun betadin di atas maka akan terasa sangat perih.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena rasa perih yang timbul tersebut tidak akan berlangsung lama.

Berkonsultasi pada dokter kelamin

Bagi Anda yang mempunyai jerawat di area kemaluan dan sudah cukup parah.

Maka Anda harus segera berkonsultasi dengan para dokter kelamin agar bisa memperoleh penanganan khusus.

Biasanya setelah Anda berkonsultasi maka dokter akan memberikan obat yang sesuai dengan kondisi jerawat guna merangsang jerawat agar bisa sembuh dengan cepat.

Cara Mencegah Munculnya Jerawat Di Kemaluan

Bagi Anda yang ingin terhindar dari jerawat di kemaluan, maka Anda harus mengikuti beberapa langkah cara pencegahan seperti berikut ini, yakni :

Mencuci bersih area kemaluan

Cara mencegah munculnya jerawat di area kemaluan yang pertama adalah dengan mencuci bersih kemaluan.

Nah, pada saat Anda buang air besar ataupun kecil maka usahakan jika Anda mencuci area kemaluan yang bersih agar bakteri bekas kotoran tidak menempel di sekitar kemaluan.

Setelah mencuci area kemaluan yang bersih maka Anda bisa mengeringkannya dengan handuk khusus.

Menggunakan celana dalam dari bahan katun

Dengan menggunakan celana dari bahan katun maka keringat yang dikeluarkan pada saat Anda sedang melakukan aktivitas yang mengharuskan tubuh banyak bergerak dapat diserap dengan mudah.

Nah, apabila keringat dapat diserap dengan mudah maka risiko jerawat tumbuh di kemaluan akan lebih kecil.

Memperbanyak mengonsumsi air putih

Pada dasarnya mengonsumsi air putih yang banyak memang sangat baik, apalagi dengan mengonsumsi air putih ini bisa melancarkan aliran darah dan juga membuang berbagai kotoran yang tersumbat.

Dengan begitu, kotoran yang ada pada jerawat bisa dengan mudah dihilangkan karena didorong oleh aliran darah.

Sehingga dapat memperlancar dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Mengurangi makanan yang berminyak

Umumnya makanan yang tinggi lemak memang tidak baik dikonsumsi oleh penderita jerawat di kemaluan karena dapat membuat jerawat akan semakin membesar dan juga memperlambat proses penyembuhan jerawatnya.

Maka dari itu, ada baiknya Anda mengonsumsi sayur atau buah-buahan karena mempunyai antioksidan yang tinggi sehingga bakteri bisa lebih mudah dihilangkan dan dibunuh.

Olahraga yang rutin

Melakukan aktivitas olahraga secara rutin memang sangat bagus karena dapat membuat kulit lebih mudah untuk bernafas dan juga dapat membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

Selain itu, dengan berolahraga juga dapat membuat saluran limfatik bisa dibersihkan dengan baik.

Apabila aliran darah lancar maka dapat membersihkan segala jenis kotoran yang ada ditubuh, termasuk bakteri jahat yang dapat menyebabkan jerawat timbul di sekitar kemaluan.

Mengurangi mengonsumsi minuman  berkafein

Mengonsumsi minuman berkafein secara berlebihan memang tidak baik karena dapat membuat kulit menjadi dehidrasi atau kekurangan cairan sehingga membuat bakteri bisa dengan mudah tumbuh dan berkembang hingga akhirnya membuat jerawat tumbuh di area tubuh Anda, termasuk area kemaluan.

Selain minuman berkafein, Anda juga harus mengurangi mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol karena juga bisa membuat kulit menjadi dehidrasi sehingga memicu tumbuhnya jerawat di area tubuh, seperti di area kemaluan.

Memperbanyak mengonsumsi yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu minuman yang mengandung bakteri baik yang sangat banyak.

Maka dari itu, jika Anda mengonsumsi yoghurt satu hari sekali maka dapat membantu proses pengobatan jerawat di kemaluan dengan cepat dan lancar.

Pada umumnya, jerawat di area kemaluan disebabkan oleh iritasi yang bisa hilang dengan sendirinya, akan tetapi jika jerawat di area kemaluan sudah cukup parah maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Hal ini sangat berguna agar jerawat yang muncul di kemaluan bisa segara di atasi dengan cepat dan tidak membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Demikianlah, semoga apa yang sudah di bahas di web ini bisa bermanfaat dan menambah daftar referensi bacaan bagi Anda semua yang sedang mencari info seputar jerawat di kemaluan.

Foto prevention.com

Kategori Beauty

Tinggalkan komentar