Jerawat Bruntusan , Penyebab Yang Wajib Kamu Ketahui

Jerawat ​bruntusan merupakan salah satu permasalahan kulit yang banyak dialami oleh wanita maupun pria, dimana kehadiran jerawat ini bisa mempengaruhi penampilan wajah.

Jerawat sendiri merupakan salah satu permasalahan yang membuat repot semua orang, sebab bekasnya juga meninggalkan noda hitam yang sulit hilang dalam waktu yang cepat.

Kehadiran jerawat ini juga disebabkan oleh beberapa faktor, karena itu wajib bagi Anda untuk mengetahuinya agar terhindar dari permasalahan kulit ini.

Sebab jerawat jenis ini tidak hanya menyerang mereka yang masih berusia remaja namun juga orang dewasa bisa mengalami jerawat ini di bagian wajah.

Tidak heran jika banyak orang yang melakukan berbagai perawatan untuk menghilangkan jerawat ini, baik melalui salon maupun menggunakan bahan alami.

Tentunya setiap cara memiliki kelebihan tersendiri, dimana jika menggunakan cara alami diperlukan waktu yang lama namun aman serta jika menggunakan obat kimia biasanya ada yang tidak cocok.

Oleh sebab itu dengan mengetahui penyebabnya Anda dapat terhindar dari serangan jerawat ini, hal ini sejalan dengan kata pepatah yaitu lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Serta tidak lupa pula untuk merawat kebersihan wajah, sebab penyebab utama berbagai macam permasalahan kulit akibat kotoran yang tertimbun di wajah.

Apalagi jika Anda beraktivitas di luar ruangan yang membuat kulit wajah terpapar sinar matahari dan debu.

Jerawat Bruntusan , Ini Dia Penyebabnya!

Tidak seimbangnya hormon

Walaupun Anda sudah sering membersihkan wajah setelah melakukan kegiatan di luar, namun jerawat ini tetap muncul di wajah maka bisa jadi Anda sedang mengalami ketidakseimbangan hormon.

Hal ini tidak hanya bisa terjadi pada remaja namun juga pada orang dewasa.

Tidak seimbangnya hormon di tubuh tentunya juga memberikan efek terhadap kulit, hal ini biasanya terjadi akibat efek pengobatan, menggunakan KB, hamil, maupun menstruasi.

Oleh sebab itu ada baiknya untuk melakukan beberapa perawatan agar jerawat tidak semakin parah dan berkembang ke seluruh bagian di wajah.

Serta perawatan tersebut dapat mencegah jerawat meninggalkan noda di wajah.

Caranya juga sangat mudah, Anda dapat memanfaatkan beberapa bahan alami seperti tomat maupun mentimun yang dihaluskan dan dioleskan ke seluruh wajah.

Dengan cara ini maka tidak hanya menghilangkan jerawat namun juga menjaga kesegaran kulit.

Namun biasanya jerawat akan hilang sendiri apabila hormon di dalam tubuh menjadi normal kembali.

Tetapi tidak jarang meninggalkan bekas yang diakibatkan karena sering disentuh.

Stress berlebihan

Setiap orang tentunya memiliki stress, walaupun tingkatannya yang berbeda.

Stress sendiri diakibatkan karena adanya tuntutan yang terlalu banyak atau bisa juga karena Anda sulit fokus.

Stress sendiri dapat memberikan dampak tidak hanya pada kulit namun juga pada kinerja organ di dalam tubuh.

Apabila kinerja tubuh terganggu maka dapat membuat asupan nutrisi ke kulit dapat berkurang.

Hal inilah yang membuat berbagai macam permasalahan pada kulit muncul seperti jerawat bruntusan.

Padahal nutrisi merupakan senyawa yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, oleh sebab itu ada baiknya jika Anda merelakskan pikiran untuk menghindari stress yang berlebihan.

Sebab stress yang berlebihan juga dapat membuat Anda mudah sakit, karena itu lakukanlah hal yang membuat Anda bahagia seperti menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.

Anda juga bisa pergi liburan yang merupakan salah satu cara yang ampuh dalam melepaskan penat.

Selain itu Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan yang mengandung nutrisi yang tinggi sehingga bisa merawat kulit dari luar agar jerawat ini tidak tumbuh terlalu banyak.

Alergi

Jerawat ini juga bisa muncul apabila Anda mengalami alergi, sehingga cara penanganannya juga berbeda.

Semua orang tentunya memiliki alergi terhadap beberapa makanan atau minuman seperti makanan laut atau telur, sehingga dapat memberikan efek negatif terhadap tubuh.

Beberapa orang ada yang merasakan gatal dan ada yang muncul brutusan baik pada tubuh maupun wajah.

Untuk menanganinya maka Anda dapat mengonsumsi obat khusus alergi sehingga dapat menghilangkan efek negatif akibat alergi tersebut.

Untuk mencegah munculnya jerawat akibat ini maka hindarilah mengonsumsi makanan yang mengandung bahan yang membuat Anda alergi.

Namun tidak menutup kemungkinan jika Anda bisa terkena alergi jika Anda tidak mengetahui bahwa dalam makanan tersebut mengandung bahan yang di larang.

Oleh sebab itu Anda harus teliti dalam mengonsumsi suatu makanan.

Kulit yang tidak bersih

Kulit yang tidak bersih merupakan salah satu penyebab utama timbulnya jerawat bruntusan dan berbagai permasalahan kulit lainnya.

Sebab kotoran yang tertempel di kulit wajah akibat terkena polusi akan tertimbun di pori-pori dan tercampur dengan minyak sehingga muncullah jerawat.

Hal ini semakin diperparah apabila jerawat muncul dalam jumlah yang banyak dan sangat susah untuk dihilangkan.

Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda mencuci wajah setelah beraktivitas seharian di bawah matahari.

Akan sangat baik jika Anda membersihkan wajah dengan menggunakan scrub juga sehingga semua kotoran dan kulit mati akan terangkat.

Sehingga tidak hanya jerawat yang hilang namun kulit juga tampak bersinar.

Karena kehadiran kotoran di wajah sangat mempermudah perkembangan kuman di kulit, apalagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif.

Kulit berminyak

Setiap orang tentunya memiliki berbagai macam jenis kulit, ada yang normal, kering, dan berminyak.

Mereka yang memiliki kulit berminyak tentunya memiliki potensi untuk terkena jerawat jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis kulit lainnya.

Sebab kehadiran minyak dapat membuat pori-pori tersumbat akibat produksi minyak yang berlebihan.

Hal ini tentunya akan semakin diperparah apabila kotoran dan kuman tertumpuk di dalam pori-pori.

Maka sebab itu ada baiknya jika Anda rajin untuk membersihkan wajah.

Karena percuma saja jika kulit wajah Anda normal namun tidak dibersihkan maka akan menimbulkan jerawat juga.

Sebab produksi minyak juga dapat disebabkan akibat menggunakan make up yang tebal.

Karena itu bersihkanlah wajah dari make up setelah habis kerja, sebab banyak orang yang memiliki kebiasaan tidur menggunakan make up.

Merokok

Saat ini tidak sedikit wanita yang memiliki kebiasaan menghisap rokok, padahal rokok sangat berbahaya untuk tubuh terutama organ di dalam.

Karena dengan mengonsumsi rokok sama dengan memasukkan racun, hal ini dikarenakan kandungan di dalam rokok mengandung bahan yang berbahaya.

Tidak heran jika mereka yang gemar merokok berpotensi terkena berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker maupun gagal ginjal.

Ditambah lagi rokok dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kulit, seperti timbulkan jerawat bruntusan.

Hal ini dikarenakan kuli terkena zat nikotin yang banyak terdapat di dalam rokok.

Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda menjauhi rokok sehingga tidak hanya menjaga kesehatan kulit namun juga organ lainnya.

Apalagi rokok tidak hanya memberikan pengaruh buruk terhadap Anda namun juga kepada orang sekitar.

Makanan

Apa pun yang Anda konsumsi tentunya memberikan pengaruh terhadap tubuh Anda.

Jadi apabila Anda mengonsumsi junk food maka dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan Anda begitu juga sebaliknya.

Salah satu bagian yang terkena efek sampingnya adalah kulit, apabila Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak maka dapat memberikan pengaruh terhadap produksi minyak di wajah sehingga muncul lah jerawat.

Ditambah lagi mengonsumsi makanan yang berminyak dapat mempengaruh peredaran darah, oleh sebab itu ada baiknya jika Anda mengonsumsi makanan yang bergizi seperti buah dan sayur.

Dimana makanan seperti ini bisa menjaga kesehatan dan kelembaban kulit karena memiliki kandungan vitamin yang bagus untuk kulit.

Bergadang

Saat ini bergadang merupakan salah satu kegiatan yang sudah umum dilakukan baik pria maupun wanita.

Begadang sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa pekerjaan yang harus disiapkan.

Namun apabila Anda kekurangan tidur dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kulit.

Sebab tidur yang cukup tentunya dapat menjaga kesegaran kulit. Jadi apabila Anda sering bergadang maka dapat membuat kulit terlihat kusam, tidak segara dan memiliki jerawat bruntusan.

Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda cukup beristirahat dan tidur tepat waktu, sehingga tidak hanya bagian kulit yang terjaga namun juga bagian tubuh yang lain.

Selain itu dengan bergadang Anda juga akan lemas dan sulit untuk berkonsentrasi sehingga memberikan pengaruh terhadap kegiatan sehari-hari.

Kosmetik

Kosmetik merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki oleh setiap wanita, apalagi kosmetik sudah menjadi teman sehari-hari setiap wanita.

Namun tidak semua kosmetik mengandung bahan yang aman sehingga tidak jarang kosmetik dapat menimbulkan berbagai permasalahan kulit.

Apalagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif, sehingga sangat mudah untuk timbulnya jerawat bruntusan.

 Oleh sk ebab itu ada baiknya jika Anda mencari tau mengenai bahan yang terkandung di dalam kosmetik tersebut.

Sebab tidak semua orang cocok menggunakan sebuah kosmetik sebab tergantung dengan bahan di dalamnya.

Serta penggunaan kosmetik yang berlebihan juga mempermudah pori-pori tersumbat sehingga mudah untuk menimbulkan jerawat.

Karena itu jangan lupa  untuk membersihkan wajah setelah menggunakan jerawat, serta hindarilah menggunakan kosmetik secara berlebihan sebab dengan cara ini  dapat membuat kulit bisa bernafas.

Masalah pencernaan

Kehadiran jerawat semata-mata tidak hanya karena permasalahan kulit, namun juga bisa karena permasalahan pada organ lainnya seperti pada sistem pencernaan.

Hal ini dikarenakan akibat makanan yang dikonsumsi sehingga membuat sistem pencernaan tersendat yang memicu timbulnya jerawat.

Bahkan kulit juga akan terlihat lebih kusam, hal ini tentunya tidaklah baik mengingat kulit yang kusam membuat penampilan Anda menjadi terganggu.

Oleh sebab itu ada baiknya mengonsumsi berbagai makanan yang dapat membuat pencernaan menjadi lancar seperti sayur dan buah.

Apalagi kandungan sayur dan buah juga bagus untuk menjaga kelembaban kulit.

Terjadinya pengelupasan

Scrub wajah tentunya sangat bagus untuk mengangkat kulit mati sehingga wajah terlihat lebih cerah.

Namun beberapa orang ada yang melakukannya secara berlebihan sehingga membuat kulit terkelupas.

Hal ini sebenarnya tidaklah baik mengingat kulit akan menjadi tipis dan menjadi sensitif sehingga dapat memicu terjadinya iritasi dan jerawat bruntusan.

Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda melakukan scrub pada wajah 1 hingga 2 kali dalam seminggu, karena dengan cara ini tidak akan merusak kulit wajah.

Apalagi jika Anda menggosokkannya terlalu kasar maka dapat merusak kulit.

Foto webmd.com

Kategori Beauty

Tinggalkan komentar