Jerawat di ketiak timbul karena beberapa hal, tentunya Anda wajib mewaspadai apabila terdapat jerawat pada area ini.

Sebab bisa jadi pertanda bahwa Anda terkena kanker, salah satunya adalah kanker payudara.


Lokasi Jerawat Lainnya

  1. Jerawat di pipi.
  2. Jerawat di dagu.
  3. Jerawat di hidung.
  4. Jerawat di dahi/jidat/kening.
  5. Jerawat di dada.
  6. Jerawat di punggung.
  7. Jerawat di kemaluan.
  8. Jerawat di kepala.
  9. Jerawat di bibir.
  10. Jerawat di leher.
  11. Jerawat di telinga.
  12. Jerawat di ketiak.

Jerawat tentunya bukanlah hal yang aneh di masyarakat, sebab jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang banyak dialami baik wanita maupun pria.

Wajah merupakan salah satu tempat yang sering ditumbuhi jerawat, namun beberapa bagian badan yang berpotensi tumbuh jerawat seperti punggung dan ketiak.

Penanganan jerawat di ketiak juga berbeda dengan jerawat di wajah, oleh sebab itu Anda tidak bisa asal saja dalam menghilang jerawat di bagian ini.

Dengan mengetahui penyebabnya maka Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, sebab penyakit tersebut dapat mengancam nyawa.

Apalagi saat ini biaya pengobatan sangatlah mahal, sehingga ada baiknya untuk mencegah dibandingkan mengobati.

Atau Anda bisa juga memanfaatkan beberapa bahan alami untuk mencegah timbulnya jerawat di ketiak, sehingga Anda bisa beraktivitas secara normal.

Sebab apabila jerawat timbul disertai dengan rasa sakit akan mengganggu ketika akan bergerak, apalagi jika Anda banyak bergerak.

Penyebab Timbulnya Jerawat Di Ketiak

jerawat di ketiak

1. Penggunaan deodoran yang berlebihan

Pemakaian deodoran yang berlebihan menjadi salah satu penyebab muncul jerawat pada bagian ini, deodoran merupakan salah satu barang wajib baik wanita maupun pria.

Sebab dengan adanya deodoran maka dapat terhindar dari bau badan yang berlebihan apalagi jika Anda sering melakukan kegiatan di luar ruangan.

Tidak heran jika banyak orang yang menggunakan dedoran dalam jumlah yang banyak, hal ini bertujuan agar badan tidak mudah bau padahal cara ini sangatlah salah.

Sebab deodoran dapat menyumbat pori-pori pada bagian ketiak, apalagi posisi ketiak yang terlipat sehingga mempermudah perkembangan kuman yang berujung tumbuhnya jerawat pada ketiak.

Hal ini dikarenakan sulitnya bernafas kulit pada bagian ketiak, namun timbulnya jerawat juga bisa pertanda bahwa kulit Anda alergi terhadap kandungan di dalam deodoran tersebut.

Karena banyak deodoran yang mencampurkan bahan kimia sehingga mereka yang memiliki kulit sensitif menjadi terganggu karena tidak dapat sembarangan terkena senyawa yang berbahaya.

Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda menggunakan deodoran yang menggunakan bahan alami sehingga terhindar dari tumbuhnya jerawat pada bagian ketiak.

2. Kuranganya menjaga kebersihan ketiak

Kebersihan tubuh terutama ketiak wajib untuk Anda jaga, sebab ketiak merupakan bagian yang mudah menjadi tempat berkembangnya berbagai bakteri dan kuman.

Hal ini dikarenakan tempatnya yang terlipat sehingga mempermudah bakter berkembang, berkembanganya bakteri tentunya memicu timbulnya bau badan dan jerawat.

Sebab selain tempatnya yang terlipat, pori-pori pada bagian kulit ketiak mudah tersumbat karena penggunaan deodoran.

Oleh sebab itu ada baiknya Anda membersihkan ketiak secara teratur sehingga deodoran tidak akan menyumbat, apalagi jika jerawat tersebut terasa perih.

Dengan begini bau badan juga tidak akan muncul, sebab apabila bau badan muncul maka Anda tidak akan percaya diri dekat dengan orang lain begitu juga orang tidak akan nyaman berada di dekat Anda.

3. Terjadinya penyumbatan pada folikel rambut ketiak

Setiap ketiak tentunya memiliki bulu, dimana banyak perempuan yang menghilangkan bulu ini karena dianggap mengganggu penampilan.

Sebab banyak wanita yang gemar menggunakan baju tanpa lengan, tetapi beberapa perempuan ada yang tidak menghilangkan rambut pada bagian ketiak.

Namun apabila Anda tidak menghilangkan bagian rambut pada ketiak maka wajib untuk menjaga kebersihannya, sebab apabila folikel rambut ketiak tersumbat maka bisa memicu timbulnya jerawat ketiak.

Penyumbatan ini bisa terjadi akibat penggunaan deodoran, keringat yang berlebihan, atau perkembangan bakteri pada area tersebut.

Apalagi rambut pada ketiak semakin mempermudah perkembangan bakteri, oleh sebab itu wajib bagi Anda menjaga kebersihan apabila ingin terhindar dari hal ini.

Sebab ketiak merupakan tempat yang sangat mudah menjadi tempat berkembangnya bakteri.

4. Faktor genetik

Timbulnya jerawat bisa diakibatkan oleh faktor genetik, jadi tidak selamanya jerawat disebabkan akibat perkembangan bakteri.

Mereka yang memiliki orang tua yang memiliki jerawat di bagian wajah atau punggung tentunya berpotensi untuk terkena jerawat di bagian yang sama.

Namun ada baiknya jika Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan bahwa apakah jerawat tersebut tidak berbahaya atau tidak.

Sebab jerawat di bagian ketiak bisa saja berbahaya sebab dapat menjadi pertanda bahwa Anda terkena penyakit berbahaya.

5. Hormon berlebihan

Hormon merupakan salah satu pemicu munculnya jerawat, termasuk jerawat ketiak.

Munculnya hormon yang berlebihan terjadi karena beberapa faktor, seperti stress atau sedang datang bulan.

Jadi tidak heran jika jerawat bisa muncul pada saat kondisi Anda seperti tersebut.

Hal ini semakin diperparah apabila Anda kurang menjaga kebersihan, sebab kebersihan tubuh tidak hanya cukup dengan mandi saja.

Namun menjaga kebersihan pakaian dalam juga, sehingga wajib bagi Anda untuk mengganti pakaian dalam sesering mungkin.

Sebab pakaian dalam bisa juga menjadi tempat berkembangnya bakteri.

Mengingat keringat pada tubuh meresap di pakaian dalam, sehingga mempermudah menjadi tempat bakteri bersarang.

Oleh sebab itu ada baiknya jika setiap hari Anda mengganti pakaian dalam.

6. Obesitas

Obesitas atau kegemukan yang berlebihan merupakan salah satu kondisi tubuh yang sangat berbahaya, sebab apabila Anda mengalami obesitas maka akan membuat tubuh menjadi sarang penyakit yang berbahaya seperti jantung atau diabetes.

Serta pada penderita obesitas juga sangat mudah terkena berbagai macam permasalahan kulit seperti jerawat, hal ini dikarenakan penderita obesitas memiliki banyak lemak sehingga membuat bagian tubuh memiliki banyak lipatan terutama pada bagian yang rentan mengalami penumpukan lemak seperti lengan, perut, dan paha.

Daerah lipatan tersebut tentunya sangat sulit terkena udara sehingga membuat kulitnya susah untuk bernafas sehingga mempermudah tersumbatnya pori-pori.

Hal ini semakin diperparah apabila penderita sering mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak, tidak heran jika para penderita obesitas sering mengalami jerawat terutama jerawat batu.

7. Terlalu keras menggaruk ketiak

Karena menjadi tempat favorit berkembangnya bakteri, membuat ketiak sangat mudah gatal terutama jika saat Anda kegerahan.

Hal ini tentunya membuat Anda menggaruk ketiak, namun menggaruk ketiak juga membuat berpotensi timbulnya jerawat pada bagian ini.

Karena cara ini mempermudah bakteri pada bagian tangan berpindah ke bagian pori-pori ketiak, apalagi setiap harinya Anda menggunakan tangan untuk memegang berbagai macam benda yang di dalamnya terkandung bakteri.

Oleh sebab itu ada baiknya jika ketiak gatal, Anda mengompresnya menggunakan air hangat.

Karena menggaruk ketiak terlalu keras juga dapat membuat ketiak terluka atau mengalami iritasi yang membuat Anda susah ketiak beraktivitas karena rasa sakit yang ditimbulkan.

8. Menghilangkan rambut ketiak

Rambut ketiak merupakan salah satu penyebab ketiak menjadi tempat berkembangnya kuman, sehingga tidak heran jika banyak orang mencukur rambut pada bagian ini untuk menghilangkannya.

Apalagi saat ini banyak sekali wanita yang menghilangkan rambut ini bertujuan untuk mendapatkan penampilan yang sempurna, sebab rambut pada ketiak dapat mengganggu penampilan sehingga dapat menurunkan rasa percaya diri.

Namun menghilangkan rambut pada ketiak juga dapat berpotensi menimbulkan jerawat ketiak.

Sebab metode waxing yang biasanya digunakan untuk menghilangkan bulu bisa memicu timbulnya jerawat akibat reaksi alergi, hal ini dikarenakan ketika melakukan waxing akan menggunakan obat yang membuat rambut ketiak mudah terangkat.

Penggunaan obat inilah yang membuat kulit menjadi iritasi, sebab terdapat kandungan kimia di dalam obat tersebut apalagi jika Anda memiliki kulit sensitif.

9. Menggunakan parfum pada ketiak

Semua orang tentunya malu memiliki bau tidak sedap pada ketiak, sehingga berbagai cara dilakukan agar ketiak tidak menimbulkan bau.

Selain menggunakan deodoran, beberapa orang menggunakan parfum pada ketiak dengan tujuan agar tidak memicu timbulnya bau tidak sedap.

Hal ini tentunya sangat berbahaya, mengingat parfum terbuat dari bahan kimia sehingga dapat memberikan dampak buruk terhadap kulit ketiak.

Jadi tidak heran jika kulit ketiak akan mengalami peradangan sehingga memicu timbulnya jerawat akibat kuman berkembang.

10. Perkembangan jamur pada ketiak

Ketiak merupakan bagian yang kelembabannya tinggi, hal ini dikarenakan ketiak terletak di tempat yang terlipat serta sering mengeluarkan keringat.

Hal ini tentunya menjadi tempat yang pas untuk berkembang para bakteri hingga jamur, apabila jamur telah tumbuh di ketiak dan memberikan rasa gatal yang berujung pada peradangan tentunya mempermudah timbulnya jerawat.

Oleh sebab itu menjaga kebersihan baju dan tubuh merupakan solusi yang tepat serta pastikan bahwa ketiak selalu kering walaupun hal ini tidak mudah.

Sebab pada umumnya banyak orang yang mengeluarkan keringat dari ketiak yang biasanya disebut “burket”.

11. Infeksi virus

Walaupun bisa disebabkan karena perkembangan kuman, namun jerawat di ketiak bisa menjadi pertanda bahwa terdapat virus yang sedang berkembang di tubuh Anda.

Hal ini tentunya memicu pembengkakan pada kelenjar getah bening akibat terdapat hal asing pada tubuh, dengan bengkaknya kelenjar tersebut maka akan timbul jerawat yang menandakan bahwa kelenjar getah bening telah menahan virus tersebut akan tidak tersebar di dalam tubuh.

Oleh sebab itu untuk memastikan apakah jerawat tersebut berbahaya atau tidak maka periksakan diri ke dokter, serta dilarang keras untuk memencetnya.

Sebab kebiasaan banyak orang akan memencet jerawat apabila tumbuh. Padahal hal ini sangat dilarang keras karena hanya akan membuat peradangan pada jerawat.

12.Perkembangan kanker

Jangan anggap remeh jerawat yang tumbuh di ketiak, sebab bisa saja jerawat tersebut ada karena pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Walaupun tidak merasakan sakit sekalipun maka tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter apalagi jika keluarga Anda ada yang pernah terkena penyakit kanker.

Dengan memeriksakan diri ke dokter, Anda juga mendapatkan penanganan yang tepat untuk menghilangkan jerawat tersebut.

Apabila jerawat tersebut ada karena pertumbuhan sel kanker, maka Anda bisa mendapatkan penanganan yang cepat sehingga tidak membahayakan organ lainnya.

Kanker limfoa dan kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang memiliki ciri-ciri timbulnya jerawat di bagian ketiak, oleh sebab itu apabila jerawat ini muncul disertai dengan tanda-tanda kanker lainnya ada baiknya untuk segera mendapatkan penanganan medis.

Karena itu Anda tidak dapat menganggap remeh jerawat ketiak jika ingin selamat dan harus tetap waspada.

Foto health.howstuffworks.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *