Jerawat di punggung merupakan salah satu lokasi yang berpotensi timbulnya jerawat.


Lokasi Jerawat Lainnya

  1. Jerawat di pipi.
  2. Jerawat di dagu.
  3. Jerawat di hidung.
  4. Jerawat di dahi/jidat/kening.
  5. Jerawat di dada.
  6. Jerawat di punggung.
  7. Jerawat di kemaluan.
  8. Jerawat di kepala.
  9. Jerawat di bibir.
  10. Jerawat di leher.
  11. Jerawat di telinga.
  12. Jerawat di ketiak.

Pada dasarnya punggung juga sama seperti wajah yang mempunyai banyak kelenjar sebasea yang menghasilkan minyak ataupun sebum.

Nah, tumpukan sebum yang bercampur dengan bakteri dan sel kulit mati dapat membuat pori-pori menjadi tersumbat, sehingga menyebabkan jerawat di punggung muncul.

Mengapa Bagian Punggung Bisa Timbul Jerawat?

Perlu Anda ketahui, sebenarnya jerawat memang bisa tumbuh dan berkembang dimana saja, kecuali pada area telapak kaki dan juga telapak tangan.

Penyebab jerawat bisa tumbuh dan berkembang ialah karena tubuh terdapat kelenjar folikel sebaceous.

Kalenjar folikel sebaceous inilah yang membantu pembentukan jerawat pada area tubuh.

Apabila kelenjar minyak  terlalu aktif dan juga bakteri yang sangat menjamur maka siap-siaplah punggung Anda akan mulai timbul jerawat.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui jika kulit punggung dan bagian dada memang pada dasarnya mengandung lebih banyak sebum atau minyak kulit dan juga bakteri yang dapat menyebabkan jerawat timbul.

Perlu diketahui, sebenarnya tidak semua orang yang mempunyai jerawat di wajah juga mempunyai jerawat di punggung, akan tetapi sebaliknya hampir semua orang yang memiliki jerawat di punggung mempunyai jerawat di wajah.

Oleh sebab itu, dikatakan jika mengatasi jerawat di punggung akan jauh lebih susah daripada dengan mengatasi jerawat pada area wajah.

Faktor Penyebab Jerawat Di Punggung

jerawat di punggung

Bagi Anda yang hendak menghindari atau mencegah jerawat timbul di area punggung maka Anda harus terlebih dahulu mengetahui faktor-faktor yang menjadi pemicu jerawat timbul di bagian wajah.

Jika Anda penasaran mengenai pemicu munculnya jerawat di area punggung, maka Anda harus menyimak beberapa ulasan berikut ini:

Produksi keringat yang berlebihan

Perlu diketahui, jika produksi keringat yang keluar secara berlebihan setelah melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas maka hal tersebut akan menjadi pemicu jerawat timbul di area punggung.

Hal ini dikarenakan keringat yang keluar secara berlebihan tersebut dapat bereaksi apabila tercampur dengan sebum yang dikeluarkan oleh kulit punggung.

Salah menggunakan pakaian

Pada saat Anda menggunakan busana atau pakaian yang terlalu ketat dan tidak bisa menyerap keringat tentu saja akan membuat pori-pori pada kulit punggung menjadi tersumbat.

Nah, apabila pori-pori kulit punggung ini tersumbat maka hal tersebut dapat membuat jerawat muncul sangat cepat di area punggung.

Kelenjar sebasea

Memang bukan menjadi rahasia lagi jika area punggung memiliki kandungan kelenjar sebasea yang sangat banyak daripada bagian tubuh lainnya.

Nah, hal inilah yang menyebabkan kelenjar folikel di area punggung akan menjadi lebih rentan mengalami kelebihan sel kulit mati dan sebum yang dapat mengakibatkan jerawat.

Sering terkena benda yang tidak steril

Perlu Anda ketahui, jerawat pada punggung memang sangat sering diakibatkan karena terkena benda-benda tidak steril yang bersentuhan langsung dengan area punggung, baik itu sprei, selimut dan pakaian kotor yang jarang diganti.

Sehingga semua jenis bakteri yang ada di benda-benda tersebut akan langsung berpindah ke area punggung dan menyebabkan jerawat muncul.

Mengetahui Bahaya Jerawat Di Punggung

Bagi Anda yang sudah mengetahui berbagai faktor yang menjadi pemicul jerawat timbul di area punggung memang patut bersyukur karena bisa lebih mudah menghindari faktor penyebab timbulnya jerawat di area punggung tersebut.

Akan tetapi bagi Anda yang tidak mengetahui ataupun menganggap remeh jerawat yang timbul di punggung maka patut berhati-hati.

Karena sebenarnya jerawat timbul di punggung merupakan sebuah indikasi ataupun petanda  jika adanya bahaya ataupun gangguan yang sedang mengintai bagian tubuh Anda.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dipaparkan beberapa bahaya yang ditimbulkan dari Jerawat yang ada dipunggung, yaitu :

Kulit menjadi iritasi

Faktor pertama yang menjadi pertanda bahaya yang ditimbulkan jerawat di punggung adalah timbulnya iritasi pada bagian kulit.

Iritasi yang timbul pada kulit ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yakni karena produksi keringat yang terlalu berlebihan, sering menggunakan pakaian ketat serta area punggung yang sering terkena paparan benda-benda yang tidak steril.

Menjadi pertanda punggung menanggung beban yang terlalu berat

Bahaya kedua adalah adanya sebuah kemungkinan jika punggung Anda menanggung beban yang terlalu berat.

Nah, pada saat Anda melihat timbulnya jerawat pada area punggung maka Anda bisa mengetahui jika ada beban yang sangat besar yang ditanggung oleh bagian punggung.

Adanya kelainan hormon

Timbulnya jerawat pada area punggung  juga menjadi pertanda jika Anda mengalami kelainan pada hormon.

Pada dasarnya jika seseorang mempunyai  hormon yang berkelainan maka pertanda jika Anda akan mengalami permasalahan jerawat, baik itu di wajah, dada ataupun di bagian punggung.

Gejala terbentuknya limpoma di punggung

Bahaya munculnya jerawat di punggung selanjutnya adalah adanya kemungkinan jika bagian punggung Anda terbentuk limpoma.

Limpoma merupakan sebuah benjolan yang sekilas hampir seperti jerawat yang terbentuk akibat adanya pertumbuhan lemak yang cukup lambat diantara lapisan otot dan juga kulit.

Perlu Anda ketahui, jika limpoma ini biasanya mempunyai bentuk yang sangat lunak dan bisa berpindah-pindah saat ditekan dengan menggunakan jari tangan.

Meskipun begitu,

Anda juga tidak dianjurkan untuk menekan limpoma terlalu keras karena dapat menimbulkan berbagai efek yang lebih berbahaya pada area tubuh.

Pada dasarnya limpoma ini cukup jinak dan tidak akan berpotensi dapat menyebabkan timbulnya sel kanker.

Akan tetapi jika limpoma sudah semakin membesar dan menimbulkan rasa nyeri serta sakit maka Anda bisa mengangkat dengan menggunakan metode bedah.

Kemungkinan terbentuknya abses

Saat jerawat timbul di punggung maka kemungkinan jika punggung terbentuk abses akan jauh lebih besar.

Apakah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan abses? Abses adalah nanah yang berkumpul pada sebuah titik yang ada di area tubuh Anda, baik itu area punggung ataupun lainnya.

Nah, jika abses ini terbentuk maka ditndai dengan bagian tubuh yang mengalami pembengkakan yang menyerupai jerawat bernanah.

Pada dasarnya, abses yang timbul ini merupakan sebuah reaksi alami jika tubuh melakukan perlawanan terhadap infeksi ataupun bakteri yang menyerang area tubuh.

Kulit mengalami permasalahan kesehatan

Faktor terakhir bahaya munculnya jerawat di punggung adalah jika kemungkinan kulit Anda mengalami gangguan.

Nah, pada dasarnya penyakit kulit ini menjadi salah satu pemicu jika pertumbuhan jerawat sudah sangat parah di area punggung dan juga dada.

Penyakit kulit yang biasanya terjadi ialah seperti seborhheic dermatitis serta pityriasis capitis.

Cara Mengatasi Jerawat Di Punggung

Pada dasarnya mengatasi jerawat pada punggung memang lebih sulit dibandingkan mengatasi jerawat pada bagian wajah.

Umumnya untuk mengatasi jerawat pada bagian punggung tidaklah sama dengan cara mengatasi jerawat wajah.

Hal ini dikarenakan kulit punggung mempunyai pori-pori yang jauh lebih besar dibandingkan pori-pori wajah.

Selain itu, kulit punggung juga akan lebih mudah menjadi tersumbat.

Nah, agar Anda bisa lebih mudah mengatasi jerawat di punggung, maka Anda bisa menyimak ulasan berikut ini terkait cara mengatasi jerawat pada bagian punggung, yaitu :

Menggunakan sabun mandi yang mempunyai kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide

Apabila Anda memiliki jerawat di punggung yang masih cukup ringan dan hanya muncul sesekali saja.

Maka Anda hanya perlu menggunakan sabun mandi yang mempunyai kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide.

Dengan menggunakan sabun mandi ini secara benar maka jerawat bisa segera diatasi dan tidak menjadi semakin memburuk.

Menggunakan antibiotik

Biasanya jika Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai jerawat di punggung maka dokter memberikan resep seperti antibiotik topikal.

Pada dasarnya antibiotik tersebut memang cukup membantu karena dapat membunuh berbagai jenis bakteri yang dapat memicu munculnya jerawat.

Pastikan selalu Mandi setelah melakukan aktivitas yang membuat tubuh berkeringat

Sebuah hasil penelitian mengatakan jika keringat yang menempel pada pakaian ataupun pada bagian kulit maka hal tersebut dapat menjadi pemicu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat timbul.

Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi Anda yang melakukan berbagai aktivitas yang membuat tubuh berkeringat seperti berolahraga agar segera mandi agar bakteri tersebut langsung hilang sebelum menyumbat area pori-pori kulit.

Menghindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat

Umumnya pakaian yang ketat memang diyakini dapat membuat kotoran dan keringat menjadi menumpuk di bagian punggung.

Selain itu, pakaian yang ketat juga dapat memerangkap panas dan juga menyebabkan timbulnya gesekan pada kulit sehingga jerawat semakin memburuk.

Maka dari itu, Anda haruslah memastikan jika pakaian yang Anda gunakan longgar dan sesuai dengan ukuran tubuh agar kulit bisa bernapas dengan bebas.

Hindari memecet jerawat di punggung

Pada dasarnya jerawat yang dipecet memang dapat menimbulkan efek yang lebih membayakan bagi tubuh.

Hal ini dikarenakan jika Anda memecet jerawat dapat mengakibatkan kulit mengalami peradangan dan kulit wajahpun akan berbekas akibat jerawat.

Maka dari itu, sangat disarankan agar Anda tidak memecet jerawat di punggung ataupun area tubuh lainnya karena hal tersebut dapat berefek pada kulit Anda nantinya.

Melakukan perawatan kulit yang baik

Menjaga kebersihan tubuh memang sangat penting, salah satu cara menjaga kebersihan tubuh adalah dengan membersihkan tubuh dan terutama bagian kulit secara rutin dan teratur setelah Anda melakukan aktivitas yang menyebabkan keringat keluar.

Membersihkan kulit secara lembut

Perlu Anda ketahui, saat Anda memiliki permasalahan pada kulit seperti jerawat yang timbul di area punggung.

Maka jangan pernah sekali-kali Anda menggosok kulit saat mandi dengan sangat keras dan kuat, karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi jerawat pada kulit punggung.

Oleh sebab itulah Anda harus menggosok kulit yang berjerawat dengan lembut dan berhati-hati.

Pada umumnya jerawat di punggung memang sangat berkaitan  dengan produksi minyak yang berlebihan di dalam tubuhnya.

Meskipun begitu, ada juga faktor lainnya yang dapat membuat jerawat di punggung muncul yakni pemakaian produk perawatan badan atau tubuh dan juga gaya hidup.

Oleh sebab itu, dikatakan jika seseorang yang dapat menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat akan lebih kecil resiko jerawat muncul di bagian punggungnya.

Demikianlah, beberapa ulasan singkat terkait jerawat pada area punggung. Semoga apa yang sudah di bahas di web ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi bacaan tambahan bagi Anda semua yang sedang mencari info seputar faktor penyebab jerawat timbul di punggung dan cara pencegahnya.

Foto medicalnewstoday.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *